Jumat, 12 Juli 2013

MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG MENYENANGKAN

Kegiatan belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh keadaan ketika proses tersebut berlangsung. Suasananya sangat mempengaruhi. Saya yang juga sebagai guru harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan agar murid tetap belajar dengan ceria. Ketika murid sudah senang, maka mereka akan belajar dengan sukacita dan tidak khawatir karena takut dimarahi guru ketika tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.
 
Dari pengalaman saya mengajar, saya menemukan beberapa hal yang membuat siswa itu menjadi tertarik dalam belajar. Berikut akan saya coba rangkum beberapa hal yang telah saya lakukan ketika mengajar.

1. Humoris

Murid sangat senang dengan hal-hal lucu dan bisa membuat mereka tertawa. Ketika mereka tertawa maka mereka menjadi semakin antusias dalam belajar. Kita bisa memberikan lelucon sederhana yang membuat mereka senang. Bisa dengan menceritakan hal-hal lucu, film lucu dan menarik yang banyak disukai anak. Ini bisa dilakukan ketika anak sudah mulai bosan belajar, isilah dengan cerita lucu. Anda bisa mencari bahan sendiri di internet dan ceritakanlah hal lucu tersebut. Ajak mereka ketawa selama kurang lebih 5 menit. Setelah mereka terlihat senang, maka kita bisa kembali mengajar mereka.

2. Jadilah figur yang ramah dan menyenangkan

Anak paling tidak suka dengan guru yang pemarah dan suka membentak. Ketika mereka dimarahi, maka anak akan takut dan bahkan tidak mungkin mereka tidak mau belajar lagi karena sering dimarah guru. Murid sangat senang diperhatikan, jadi ketika mereka tidak bisa tuntunlah dengan baik dan buat mereka sadar bahwa mereka itu bisa mengerjakan dengan baik. Marah tentu tidak baik bagi seorang guru. Ketika saya marah, saya merasakan kepala saya sakit dan perasaan tidak tenang. Ketika saya mencoba sabar, semuanya menjadi lebih baik. Perasaan saya senang dan muridpun lebih enak dalam menerima penjelasan kita.

3. Senyum
Senyum membuat kita sebagai guru semakin disukai oleh anak-anak. Karena dari senyum kita, anak tahu bahwa kita itu ada untuk mereka. Dan bahkan tidak jarang anak sering cerita tentang kesukaan mereka dan juga hal-hal yang mereka sukai. Senyum membuat segalanya lebih baik.

2 komentar:

  1. Suasana belajar yg nyaman secara langsung mauapun tidak langsung akan mempengaruhi faktor psikologis anak dalam menyerap pelajaran.. nice info, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. makasih comment nya, sy akan berusaha mengembangkan pendidikan bagi anak anak. karena dunia pendidikan sangat indah.

    BalasHapus